Senin, 06 Maret 2017

TIK sebagai Media Informasi

Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan Peralatan TIK

FUNGSI KOMPUTER DAN PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI

A. Fungsi Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
          Komputer merupakan salah satu peralatan teknologi informasi dan komunikasi. Selain komputer, peralatan teknologi informasi dan komunikasi lainnya adalah telepon, telepon seluler, PDA (Personal Digital Assistant), GPS (Global Positioning System), televisi, dan radio. Saat ini, peralatan teknoligi informasi dan komunikasi merupakan kebutuhan yang mutlak diperlukan. Perkembangan peralatan teknologi informasi telah memasuki berbagai aspek kehidupan manusia yang berakibat pula terhadap pola hidup masyarakat. Penciptaan peralatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media diharaapkan dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan umat manusia.
          Kemampuan peralatan teknologi informasi yang dapat digunakan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi lainnya disebut konvergensi. Dalam teknologi yang konvergen ini, jaringan internet, ponsel, telepon, maupun PDA dapat saling dihubungkan untuk mengakses sebuah informasi. Ponsel dapat kita gunakan sebagai modem yang dihubungkan dengan komputer. Teknologi ponsel dengan GPRS (General Packet Radio Service), WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) yang dilengkapi dengan kabel data, bluetooth, dan sinar infra merah (IR) dapat dihubungkan dengan komputer atau laptop. Itu semua akan memudahkan kita dalam mencari informasi maupun berkomunikasi di mana saja kita berada dan kapan pun waktunya.
          Komputer sebagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:
  • sebagai media informasi
  • sebagai media komunikasi
  • sebagai media transaksi
  • sebagai media hiburan
B. Proses Kerja Komputer dan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
          Komputer bekerja dengan aturan-aturan tertentu, serta membutuhkan program sebagai perangkat lunaknya dan brainware sebagai pengendalinya. Proses kerja komputer mengalami suatu siklus , yaitu input - proses - output. Input yang diproses oleh komputer adalah bilangan biner, yaitu bilangan 0 dan 1, yang kemudian dikeluarkan menjadi sebuah informasi. proses kerja komputer sebagai peralatan komunikasi didukung oleh peralatan tambahan (periferal), misalnya modem. Peralatan teknologi informasi dan peralatan telekomunikasi saling terhubung menjadi sebuah jaringan raksasa yang terdiri atas komputer, modem, ponsel, TV kabel, satelit, gelombang radio, gelombang mikro, dan sebagainya.

                                           INPUT ======>> PROSES =======>> OUTPUT

Proses kerja komputer secara sederhana adalah sebagai berikut:
  1. Input, menerima perintah melalui perangkat input, seperti keyboard dan mouse.
  2. Proses,mengolah perintah yang diterima dari unit input, kemudian prosesor mengolah perintah-perintah tersebut. Prosesor didukung oleh tiga bagian penting, yaitu Control Unit (CU) yang bertugas mengontrol semua kerja perangkat yang terpasang dalam komputer, Arithmetic Logic Unit (ALU) yang bertugas mengelola semua proses yang berhubungan dengan logika dan matematika, serta memori sebagai unit pendukung yang menyimpan semua proses dari prosesor secara sementara. 
  3. Output, mengeluarkan hasil dari data-data yang sudah diolah dalam prosesor dalam bentuk informasi. Informasi ini ditampilkan melalui perangkat output, seperti monitor, speaker, dan printer.
C. Elemen Sistem Komputer
          Agar komputer berfungsi sebagai pengolah data yang dapat menghasilkan informasi, diperlukan sistem komputer. Ada tiga elemen dalam sistem komputer yang saling berkaitan dan menjadi satu kesatuan. Berikut ini uraian elemen sistem komputer:
  1. Hardware atau perangkat keras, yaitu peralatan komputer yang terlihat secara fisik dan dapat dipegang.
  2. Software atau perangkat lunak, yaitu program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
  3. Brainware, yaitu manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Berdasarkan tugasnya, brainware dibagi menjadi empat tingkatan pengguna yaitu sebagai berikut:
  • Entri data adalah pengguna komputer yang bertugas memasukkan data yang pekerjaannya berulang-ulang, contohnya kasir pada pasar swalayan. 
  • Operator adalah pengguna komputer yang bertugas memasukkan data dan mengolahnya hingga menjadi informasi, contohnya operator bagian akuntansi.
  • Programmer adalah pengguna komputer yang bertugas membuat program atau perangkat lunak aplikasi dengan bahasa pemograman tertentu, contohnya programmer perangkat lunak sistem akuntansi, sistem administrasi sekolah, dan paket aplikasi sekolah.
  • System analyst adalah pengguna komputer yang bertugas merancang suatu program dan dapat bertindak sebagai konsultan pada rekayasa perangkat lunak, contohnya konsultan web.
D. Data, Informasi, dan Siklus Informasi
1. Data dan Informasi
          Dalam pemrosesannya, komputer akan menghasilkan informasi dari data yang dimasukkan (input). Data merupakan fakta yang ada, yang dapat dilihat dan dapat ditelaah. Data dan informasi adalah dua hal yang sangat berhubungan dan dapat dikatakan mempunyai hubungan sebab akibat di dalam informatika. Jadi dapat disimpulkan bahwa data adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan atau direkam ke dalam berbagai bentuk media. Sedangkan informasi adalah data yang sudah diolah, dibentuk, atau dimanipulasi sesuai dengan keperluan tertentu.
2. Siklus informasi
          Proses menghasilkan informasi harus melalui tahapan-tahapn yang dilakukan komputer sebagai produk teknologi informasi. Tahapan-tahapan tersebut teridiri atas input - proses - output yang disebut siklus proses informasi. Artinya, jika tahapan telah sampai pada output, maka output tersebut dapat dijadikan input kembali.

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
A. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
          Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat lainnya.

B. Sejarah Perkembangan Komputer
          Komputer berasal dari bahasa latin, computare, yang berarti "menghitung" dan dalam bahasa Inggris to compute. Komputer tidak hanya berfungsi sebagai alat hitung. Penggunaannya juga sudah sangat luas, baik di pasar swalayan pada kasir yang dapat memindai harga barang melalui barcode maupun pada perusahaan telekomunikasi sebagai pendeteksi sinyal telepon dan menghubungkan komputer dengan internet.
          Secara umum, komputer didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang dapat mengolah data menjadi suatu informasi, dan dapat menjalankan program yang tersimpan dalam memori yang bekerja dengan suatu aturan tertentu. Berikut ini beberapa definisi komputer menurut para ahli.
  • Hamacher berpendapat bahwa komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat meneriman informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dalam memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  • Jhon J. Longkutoy berpendapat bahwa komputer adalah alat pengolah data atau pemecah suatu persoalan yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan tetapi penanganannya harus ditangani ahlinya. 
  • Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.
  • Blissmer berpendapat bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi.
Pada tahun 1942, penemuan komputer oleh John Vincent Atanasoff merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah perkembangan teknologi. Sejarah komputer elektronik modern memang dianggap bermula pada tahun 1942, tetapi penemuan-penemuan sebelumnyalah yang lebih berperan dalam penemuan-penemuan komputer elektronik berikutnya. Berikut ini penemuan-penemuan yang berperan terhadap perkembangan komputer.
  1.  Abacus atau sempoa
  2. Pascaline (1623-1662)
  3. Difference engine (1792-1871)
  4.  Punched card (1752-1834)
  5. Hollerith (pemroses data otomatis)
  6. Electromechanical Accounting Machine (EAM)
Alat pengolah data dari zaman purba sampai saat ini dapat kita golongkan menjadi 4 golongan besar, yaitu:
  1. peralatan manual
  2. peralatan mekanis
  3. peralatan mekanik elektronis
  4. peralatan elektronis
 a. Komputer berdasarkan data yang diolah
  • Komputer analog
  • Komputer digital
  • Komputer hibrida 
 b. Komputer berdasarkan penggunaannya 
  • Komputer untuk tujuan khusus (special purpose computer)
  • Komputer untuk tujuan umum (general purpose computer)
 c. Komputer berdasarkan kapasitas dan ukurannya
  • Komputer mikro (micro computer)
  • Komputer mini (mini computer)
  • Komputer kecil (small computer)
  • Komputer menengah (medium computer)
  • Komputer besar (large computer)
  • Komputer super (supercomputer)
d. Komputer berdasarkan generasinya

1. Komputer generasi pertama (1946-1959)
  • Z3
  • Collosus
  • Kalkulator elektronik
  • Mark I
  • Electronical Numerical Integrator and Computer (ENIAC)
  • Electronical Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC)
  • Universal Automatic Computer I (UNIVAC I)
2. Komputer generasi kedua (1959-1964)
  • Stretch, komputer ini dibuat oleh IBM
  • LARC, komputer ini dibuat oleh Sprery-Rand
  • IBM 1401, komputer ini dibuat oleh IBM
 3. Komputer generasi ketiga (1964-1970)
  • PC-XT
  • PC-AT 286
  • PC-AT 386
 4. Komputer generasi keempat (1979-sekarang)
  • PC-AT 486
  • Pentium
  • Pentium II
  • Pentium III
  • Pentium IV
  • Athlon
  • AMD K6
  • Pentium Mobile
  • Dual Core
  • Core 2 Duo
  • Core 2 Quad
  • Core i-3
  • Core i-5
  • Core i-7
B. Perangkat Keras dan Fungsinya
     Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi:
  1. Input device (peralatan masukan)
  2. Process device (peralatan pemrosesan)
  3. Output device (peralatan keluaran)
  4. Backing storage (peralatan penyimpanan)
  5. Periferal (peralatan tambahan)

Input device adalah unit yang fungsinya sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan prosesor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device yang umumnya digunakan pada komputer adalah keyboard, mouse, joystick, touch pad, scanner, dan lain-lain. Berikut terdapat beberapa penjelasan dari perangkat-perangkat input device:
  • Keyboard fungsinya untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi pengguna untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang dilakukan.
  • Mouse fungsinya untuk memindahkan kursor atau pointer secara cepat.
  • Touchpad fungsinya sama dengan mouse namun memiliki bentuk yang berbeda yaitu berupa bantuan sensitif terhadap sentuhan, biasanya ada dilaptop.
  • Joystik fungsinya untuk mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
  • Scanner fungsinya sama dengan mesin fotocopy namun yang membedakan adalah scanner dapat dilihat di layar monitor.


Process device fungsinya untuk mengolah data yang sudah dimasukkan melalui perangkat keras masukan. Berikut diuraikan beberapa perangkat pemrosesan.

  • PSU berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat keras komputer.
  • Motherboard berfungsi untuk menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer.
  • RAM berfungsi untuk penyimpanan data sementara.
  • VGA berfungsi untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital dan komputer ke monitor untuk menampilkan gratis atau menciptakan tampilan-tampilan pada layar monitor.

Output device adalah perangkat-perangkat komputer untuk menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Perangkat ini merupakan alat yang sangat penting peranannya bagi pengguna komputer karena akan memberikan hasil yang diinginkan dan dapat berbentuk pada sebuah media contohnya kertas. Berikut ini diuraikan beberapa perangkat yang termasuk output device.
  • Monitor fungsinya untuk menampilkan data atau informasi dalam bentuk grafik atau teks.
  • Printer fungsinya untuk mencetak informasi yang dihasilkan oleh komputer pada media kertas.
  • Speaker fungsinya untuk unit keluaran yang menghasilkan suara.
 
Storage atau biasa juga disebut memori adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Contohnya seperti harddisk, flashdisk, CD, dan lainnya yang fungsinya sebagai media penyimpanan.
Periferal atau perangkat tambahan adalah perangkat keras yang dihubungkan ke komputer untuk meningkatkan kegunaannya. Beberapa perangkat yang umum digunakan adalah pencetak, pemindai, mikropon, dan pengeras suara.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar